Sunday, December 5, 2010

Brawijaya Accounting Fair 2010

Brawijaya Accounting Fair (BAF) ialah salah satu acara yang dibesut oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 27-30 November 2010 dan diikuti oleh peserta dari Universitas-universitas se Jawa Timur.


Acara yangberlangsung selama empat hari berturu-turut ini diawali dengan acara Technical Meeting (TM) . Selanjutnya pada hari kedua, 28-29 Nopember, dilakukan kegiatan utama yaitu simposium yang diikuti oleh beberapa tim dari Universitas-Universitas se-Jawa Timur. Dalam Simposium Mahasiswa Akuntansi se-Jawa Timur dengan tema Pemberdayaan UMKM Melalui Penerapan Akuntansi Berbasis SAK ETAP (Standart Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) ini, peserta dibagi kedalam tiga pool yang terdiri dari pool Akuntansi Keuangan (8 tim) , pool Akuntansi Manajemen (4 tim) dan pool Perpajakan (3 tim).

Dalam setiap pool terdapat beberapa tim yang mana tiap tim terdiri dari dua orang peserta. Peserta antara lain mahasiswa dari Universitas Brawijaya Malang (mengirimkan 3 tim), Universitas Bhayangkara Surabaya, Universitas Yudharta Pasuruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (mengirimkan 3 tim), dan Universitas Jember (mengirimkan 3 tim). Selain itu acara ini juga diikuti oleh perwakilan Universitas Indonesia yang merupakan undangan khusus. Undangan dari Universitas Indonesia ini didatangkan dengan harapan dapat berbagi pengalaman seputar akuntansi dan kompetisi-kompetisi paper yang pernah diikuti kepada mahasiswa Jawa Timur.

Selanjutnya adalah acara Simposium Besar dimana simposium ini merupakan sesi penyampaian hasil yang telah dirumuskan oleh masing-masing pool pada seluruh peserta yang ada. Simposium Mahasiswa Akuntansi se-Jawa Timur bertajuk "Pemberdayaan UMKM Melalui Penerapan Akutansi Berbasis SAK ETAP ini dalam hal pemaparan kesimpulan , panitia bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia ( IAI ) dan Dinas Koperasi Jawa Timur .

Menutup rangkaian acara BAF 2010, para peserta diajak untuk melakukan field trip dengan tujuan Taman Rekreasi Selekta, Kota Batu dan acara Gathering Night dimana dalam puncak acara ini, diumumkanlah paper dan peserta terbaik. Adapun paper terbaik diperoleh perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Aunur Roziqin dan Zulia) untuk pool Akuntansi Keuangan, Universitas Brawijaya (Dimas Prayodhia Sanwasi dan Sofiningsih) untuk pool Akuntansi Manajemen, dan Universitas Jember (Elok Fatmawati Gf dan Tunjung D) untuk pool Perpajakan. Sedangkan untuk peserta terbaik dari pool Akuntansi Keuangan diperoleh Aunur Roziqin (Univ Muhammadiyah Sidoarjo), pool Akuntansi Manajemen diperoleh Muhammad Alwi (Univ Jember), dan untuk pool perpajakan Rima Nur A (Univ Brawijaya).

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008