Thursday, April 28, 2011

Program Pasca Sarjana Keperawatan

Visi Dan Misi Program Pasca Sarjana Keperawatan

Visi

Menjadikan Pascasarjana Keperawatan UNPAD sebagai basis pengembangan ilmu dan profesi keperawatan.

Misi

  1. Mengembangkan system pendidikan magister keperawatan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pelayanan kesehatan.
  2. Menjadi pusat riset unggulan dalam bidang keperawatan.
  3. Menjadikan program magister keperawatan sebagai pusat rujukan pengembangan pelayanan keperawatan.

Tujuan Pendidikan Magister Keperawatan

Menyelenggarakan program paska sarjana guna menghasilkan:

  1. Lulusan magister keperawatan yang kompeten untuk menjalankan perannya sebagai care provider, pendidik, pengelola dan peneliti keperawatan sesuai dengan area yang diminatinya
  2. Produk-produk penelitian sebagai basis inovasi dalam teknologi dan modalitas keperawatan untuk perkembangan kualitas pelayanan, pendidikan, pengelolaan, penelitian.
  3. Kajian-kajian terhadap kebijakan, aturan dan perundangan yang berkaitan dengan tatanan baik dalam sistem pelayanan kesehatan/keperawatan maupun sistem lain yang terkait.
  4. Berkembangnya model pelayanan keperawatan baik pada tatanan klinis maupun komunitas untuk mewujudkan pelayanan keperawatan berkualitas.

Gelar kelulusan

Lulusan program pendidikan magister keperawatan akan menyandang gelar Magister Keperawatan (M.Kep).

Kompetensi Profesi

Sesuai dengan jalur pengembangan karir professional perawat di Indonesia, menurut Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ,program S2 Keperawatan yang akan di selenggarakan di Fakultas Keperawatan bertujuan:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia magister keperawatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, mampu mengembangkan kapasitas berfikir kritis dan logis, bersikap peka terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, bertindak etis rasional, bertanggung jawab, berkemampuan akademik dan profesional, serta sanggup berkinerja di lingkungan pekerjaannya.
  2. Memberikan konstribusi nyata dalam pembangunan kesehatan melalui peran dan fungsi perawat sebagai pengembang ilmu dalam keperawatan (researcher), pemberi asuhan keperawatan (care provider), educator, manager,dan community leader in nursing baik pada tataran nasional maupun global dengan dijiwai oleh tiga karakteristik dasar keperawatan yaitu holism, humanism and care.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia magister keperawatan yang berkualitas yang mampu bersaing dalam pasaran kerja untuk kepentingan bangsa baik dalam tingkat regional, nasional, dan internasional.
  4. Mengacu pada kompetensi diatas, Kompetensi magister keperawatan yang akan ditumbuhkan di Fakultas Keperawatan Unpad, terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi gayut. Secara rinci kompetensi magister keperawatan dapat diuraikan sebagai berikut:

Kompetensi Utama

  1. Mampu mengembangkan penelitian sebagai basis peningkatan keilmuan dan teknologi keperawatan
  2. Mampu mengembangkan evidence based practice pada area keperawatan baik klinis maupun komunitas
  3. Mampu mengelola klien di area keperawatan kritis dan komunitas dengan mempertimbangkan aspek legal – etis serta kebijakan baik di tingkat lokal, nasional dan global.
  4. Mampu mengelola pelayanan keperawatan baik ditatanan klinik maupun komunitas dengan mempertimbangkan aspek legal – etis serta kebijakan baik di tingkat lokal, nasional dan global.
  5. Mampu mengelola proses pembelajaran keperawatan sesuai dengan area yang diampu baik pada tataran akademik maupun profesi ditatanan klinik maupun komunitas
  6. Mampu bertindak sebagai Inovator pada lingkup keperawatan kritis untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan kritis.
  7. Mampu bertindak sebagai community leader pada lingkup praktik profesionalnya.

Kompetensi Pendukung:

  1. Mampu berperan aktif dalam pelayanan dan penanggulangan gawat darurat dan bencana
  2. Mampu menggunakan teknology informasi dan komunikasi pada (information communication technology) pada area keperawatan sesuai dengan profil yang diampu
  3. Mampu mengembangkan rasa peka budaya (cultural competence) sesuai dengan profil yang diampu
  4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Program Peminatan:


Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008