Sunday, May 2, 2010

Program Doktor |Program Magister

Program Doktor |Program Magister


MISI

  • Membangun basis intelektual kapital yang mumpuni dibidang ilmu manajemen yang ber-konteks ke Indonesiaan.
  • Menjembatani pengembangan teori keilmuan dan penerapan praktis dengan menjalin kerjasama yang sinergis dengan para stakeholders yaitu pemerintah , industri dan masyarakat luas.
  • Menciptakan iklim akademis yang kondusif yang mampu menjamin proses "knowledge discovery" yang berksinambungan.

TUJUAN PENDIDIKAN

Program studi Doktor Manajemen diharapkan akan menghasilkan lulusan yang ingin memperdalam riset ilmiah/akademik dan karir mengajar di bidang Manajemen yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Memiliki pemahaman dan penguasaan tertinggi serta otoritas penuh akan ilmu-ilmu dan peralatan analisis yang berkaitan dengan pengembangan manajemen seperti ilmu ekonomi, perilaku manusia dan organisasi, serta ilmu matematika dan statistik guna bermanfaat dalam penyelesaian masalah, pengembangan prinsip-prinsip dan aplikasinya dalam bisnis.
  2. Memiliki kemampuan analisis-sintesis-evaluasi yang tinggi terhadap berbagai literatur yang akan membantu dalam mengidentifikasi, memetakan dan akhirnya mengembangkan ilmu pengetahuan yang orisinil dan mutakhir di bidang Manajemen.
  3. Memiliki pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang kritis dan kreatif untuk dapat mendesain dan melaksanakan riset mandiri yang berkualitas mengenai isu-isu yang paling relevan di bidang Manajemen, dan menuangkannya kedalam suatu bentuk tulisan yang layak untuk dipublikasikan dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Memiliki kemampuan menghasilkan temuan-temuan baru yang akan berkontribusi secara nasional dan internasional di tengah-tengah ketidakpastian, informasi yang tidak lengkap, kompleksitas organisasi, teknologi, dan perilaku manusia dalam menghadapi lingkungan dan dunia yang semakin global, kompetitif dan berubah.
  5. Mampu mengkomunikasikan, menerjemahkan dan menerapkan hasil-hasil temuan riset bidang Manajemen bagi pengembangan keilmuan, organisasi, dan masyarakat.
  6. Menghasilkan temuan-temuan riset yang akan memimpin kepada pengembangan riset-riset berikutnya secara berkelanjutan.
  7. Memiliki kapasitas untuk bekerjasama dan menghargai kontribusi dari periset-periset lain bidang Manajemen dan disiplin ilmu lainnya.

PROGRAM AKADEMIK

Ilmu manajemen pada dasarnya adalah ilmu yang menerapkan berbagai disiplin ilmu karena menjelaskan konsep yang fundamental bagaimana mengelola sumber daya (manusia, metode, mesin, uang) guna mencapai tujuan organisasi yang diharapkan. Oleh karena itu, Program Studi Doktor Manajemen ini ditujukan tidak hanya bagi mereka yang berlatar belakang dari ekonomi atau manajemen namun juga mereka yang hendak mengembangkan dan menerapkan ilmu manajemen di berbagai latar belakang disiplin ilmu mereka.

Program studi ini merupakan program kelanjutan (Program Doktor Sebidang /Ekstensi Linier) Program studi Sarjana dan Magister Bisnis dan Manajemen. Namun, program ini juga dipersiapkan untuk menerima masukan dari berbagai sumber atau bidang-bidang keilmuan sosial, sains, dan teknik (Program Doktor Bukan Sebidang / Ekstensi Non-Linier). Secara rinci, sumber masukan Program Doktor Manajemen dapat berasal kategori berikut ini:

  1. Para lulusan magister di bidang manajemen, yang berasal dari Sekolah Bisnis atau Fakultas Ekonomi, yang akan mengikuti Program Doktor Sebidang (Ektensi Linier).
  2. Para lulusan magister di bidang non-manajemen yang akan mengikuti Program Doktor Bukan Sebidang (Ektensi Non-Linier).

Program Studi Doktor Manajemen merupakan program pendidikan 3 tahun (6 semester) dengan beban sks sebesar 52 (lima puluh dua) untuk Program Doktor Bukan Sebidang (Ekstensi Non-Linier) dan 46 (empat puluh enam) sks untuk Program Doktor Sebidang (Ekstensi Linier).

Sebagai Program Studi yang mengutamakan penelitian dan pengembangan keilmuan dalam bidang Manajemen, Program Studi Doktor Manajemen ini ditopang oleh dua kelompok keahlian dengan bidang-bidang penelitian di SBM sebagai berikut:

Kelompok Keahlian (KK): Manajemen Operasi dan Keuangan

  • Bidang riset Manajemen Operasi dan Kinerja
  • Bidang riset Risiko Bisnis dan Keuangan

Kelompok Keahlian (KK): Manajemen Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan

  • Bidang riset Manajemen Insani dan Pengetahuan
  • Bidang riset Strategi Bisnis dan Pemasaran
  • Bidang riset Studi Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi
  • Bidang riset Pengambilan Keputusan dan Negosiasi Strategis

PROSES AKADEMIK

Kurikulum Program Studi Doktor Manajemen pada dasarnya terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu:

  • Tahap kualifikasi, yaitu tahap membangun pemahaman akan dasar-dasar dan filsafat ilmu manajemen, pemahaman akan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif serta aplikasinya, kemampuan menggunakan metodologi penelitian dan perangkat lunak (software) statistik yang mendukungnya, kompetensi tentang dasar-dasar penelitian, tahap pengarahan penelusuran pustaka dan perumusan pertanyaan-pertanyaan penelitian, penulisan ilmiah dan pembuatan proposal penelitian.
  • Tahap penelitian, yaitu tahap perancangan penelitian, pengembangan metodologi penelitian, pelaksanaan penelitian, pengumpulan data dan analisis dan penulisan disertasi.
  • Tahap promosi/defend, yaitu tahap mempertajam pengetahuan pada riset yang diteliti dan disiplin ilmu yang terkait, serta pada implikasi dan kontribusi dari hasil penelitian, meningkatkan keterampilan dalam melakukan presentasi, mempertahankan argumen dan dapat menyakinkan akan orisinalitas riset yang dilaksanakan

Dengan tahapan pelaksanaaan proses akademik program sebagai berikut



JADWAL PELAKSANAAN PERKULIAHAN

Perkuliahan Program Doktor Manajemen SBM ITB diselenggarakan dalam dua metode :

  • Program Reguler

    Untuk program penuh waktu, pelaksanaan perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin hingga Jumat, pukul 8:00 - 17:00. Pada program reguler, mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan perkuliahan dalam waktu VI semester.

  • Program Eksekutif

    Untuk program eksekutif, pelaksanaan perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu (jika diperlukan), pukul 8:00 - 17:00. Pada program eksekutif, mahasiwa diharapkan mampu menyelesaikan selama VII hingga VIII semester.


Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008